Mitos Kehamilan

23.37 Posted In Edit This 0 Comments »
Sedang hamil atau berencana hamil? Banyak ya mitos-mitos kehamilan, yang seringkali bikin kita jadi serba salah gak menentu. Berikut ini ada beberapa mitos kehamilan yang selama ini ada di sekitar kita:

* Dilarang membunuh binatang baik itu si suami ato istri yang sedang hamil, bisa-bisa bayinya terlahir cacat. (Alasan tidak boleh membunuh binatangnya bisa dibenarkan, tapi bukan berarti itu dikaitkan dengan bayi yang terlahir cacat kan?)

* Memasang pisau/ gunting kecil pada pakaian dalam agar janin terhindar dari marabahaya. (Haaiyaah!! Malah bahaya bukan? Bisa-bisa nusuk perut, kan berabe!!)

* Hamil pasti ngidam, mintanya aneh-aneh, kalo tidak dituruti, si bayi bisa ngileran. (ngidam itu tradisi yang berkembang di Indonesia. Tidak ada hubungan bayi ngiler dengan masa ngidam yang tidak terpenuhi, lagian ngiler ato ngeces hal yang wajar kan, kita aja yang dewasa kadang masih suka ngeces toh)

* Hamil pasti muntah-muntah, lemes, gak bisa ngapa-ngapain. (faktor hormonal memang berpengaruh pada kondisi fisik, tapi apakah mesti menjadi alasan buat malas-malasan, ongkang-ongkang aja. Kalo kita mengacu pada Sigmund Freud, bahwa jauh dalam diri kita punya alam bawah sadar yang tentunya dimiliki si janin, bisa jadi males-malesan selama hamil, nular ke si kecil nantinya. Kecuali kehamilan tertentu yang memang membutuhkan perawatan khusus, karena kandungan lemah ato ibu yang menderita sakit tertentu

* Tabu jika menyiapkan perlengkapan bayi sebelum bayi lahir. (Mau emangnya belanja dalam kondisi badan makin berat, kaki mulai kram & bengkak, dan perut makin membuncit?? Mending belanjanya pas perut belum terlalu besar kan, biar lebih nyaman)

* Jika bentuk perut ibu selama hamil meruncing, ia akan melahirkan bayi lelaki. Sementara jika bundar, yang akan lahir bayi perempuan. (Padahal suka-suka di bayi toh, pas melintang, perut ibu keliatan melebar ke samping, bisa juga karena faktor mulai kendornya otot-otot dinding perut setelah pernah melahirkan sebelumnya)

* Minum air es, bikin bayi besar (Sebenarnya, yang menyebabkan bayi besar adalah makanan yang bergizi baik dan faktor keturunan. Ya tentunya jangan banyak-banyak dong, kalo perut kembung kan juga gak enak rasanya. Jika yang dimaksud air es itu menggunakan pemanis seperti sirup, tentunya akan berbahaya untuk ibu hamil yang memang sudah mengidap kencing manis)

* Minum susu kedelai bikin kulit bayi bewarna putih. (Ini mah dari sononya jeng jeng... kalo emang ortunya putih ya anaknya ngikut, kalo item ya ngikut, kalo emaknya putih bapaknya putih, ya item-putih *hihiihiih, kek zebra dunk*. Intinya karena faktor genetik)

Nah, gimana? Gak perlu takut dengan sesuatu yang gak perlu dan melakukan apapun yang gak penting kan? Lebih baik selama hamil, kita isi dengan kegiatan positif, membangun sugesti positif, dan selalu berpikiran positif. Itu aja biar selama hamil tetep hepi, seger, aktif & lincah.

0 komentar: